Saturday, April 23, 2016

Resep kue lupis ketan betawi

 Resep Kue Lupis Ketan Betawi Sederhana Istimewa Original Enak. Kue lupis legit tradisional atau tidak jarang dinamakan pula kue lopis kukus terbuat dari bahan basic beras ketan Spesial, rasanya manis & enak, rasa manis didapat dari gula merah original jawa, meskipun kue ini khas betawi di Padang pun ada termasuk juga di kota-kota yang lain, dikarenakan kue basah ini telah termasuk juga jajanan pasar & termasuk juga type kue basah tradisional yg mulai sejak susah didapatkan. Resep kue lupis ini benar-benar ada tidak dengan daun pisang tetapi ada serta yg kreatif membuatnya dgn membungkus gunakan daun pisang biar lebih wangi & lezat & ada pula yg menciptakan kue lupis ketan kukus plastik. Bisa Jadi kue lupis bungkus plastik ini yaitu lupis trendi.




Justru lantaran kue lupis ini langka, sehingga butuh kita lestarikan dgn membagikan resep ini di internet biar resep kue unik ini tak punah bahkan hilang, kasihan kan anak cucu kita cuma mendengar narasi dongeng dari kakeknya berkenaan kelezatan Si Kue Lupis.

Type kue lupis ada 4 type warna alami, diantaranya ada kue lupis ketan putih warna putih, kue lupis ketan hijau pandan berwarna ijo, kue lupis ketan hitam berwarna hitam atau ireng & kue lupis warna-warni pelangi (rainbow) yg sudah di modifikasi bersama pewarna makanan. Dalam menciptakan kue lupis ini boleh memakai daun pandan kelak kue lupis dapat berwarna hijau, sedangkan tak memanfaatkan pandan kue lupis ini nampak orisinil atau ori, mari memilih lantaran kelezatan kue ini terletak terhadap kuah gula merah & taburan kelapa parutnya. Soal wujud terhadap rata rata segitiga namun boleh Kamu untuk variasi & kreasi sendiri pas selera, misal kue lupis sudut empat, kue lupis segitiga, maupun berbentuk gulungan, dan seterusnya. Berikut resep kue lupis kumplit bersama kiat bikin sendiri di hunian.

RESEP KUE LUPIS KETAN PUTIH


BAHAN :

  • 150 gr beras ketan putih, rendam 1 jam, tiriskan
  • 1/4 butir kelapa setengah lanjut umur, kupas, parut kasar
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt air kapur sirih
  • daun pisang & tali bambu, utk mengikat & membungkus
  • 1/8 sdt garam

BAHAN KUAH :

  1. 125 ml air bersih
  2. 200 gr gula merah, sisir halus
  3. 1 lbr daun pandan wangi

Kiat Menciptakan KUE LUPIS BERAS KETAN :

Masukkanlah air kapur sirih ke dalam beras ketan, aduk rata. Siapkan satu lembar daun pisang, dulu bentuklah contong & masukan ke dalamnya beras ketan.
Seterusnya, lilit satu helai daun menutupi contong & lapisi bersama helai yg yang lain dulu ikat dgn tali bambu.
jangka waktu 5 jam, rebuslah di air mendidih hingga matang.
Trick menciptakan kuah lupis yg enak : rebuslah air, daun pandan, & gula merah hingga jadi kental, angkat & saringlah.
Trik menciptakan kelapa parut yg gurih : Kelapa parut, garam, & daun pandan kukuslah tatkala 1/4 jam saja. Dulu, gulingkan lupis diatas kelapa.
Sajikan kue lupis dgn kuah gula merah. Mantap.


RESEP LUPIS KETAN HITAM

Lupis Ketan Hitam memanfaatkan ketan hitam yang merupakan bahan dasarnya.

BAHAN :
  1. 1/2 kg ketan hitam, dicuci bersih
  2. 1/2 butir kelapa, diparut kasar
  3. 1/4 kg gula merah
  4. daun pisang secukupnya, dipotong-potong selebar 7 senti meter
  5. air secukupnya, utk merebus
  6. 2 lembar daun pandan, dicuci bersih, dipotong mungil

Kiat Menciptakan LUPIS KETAN HITAM :


Gula merah direbus dgn air, dulu disaring & simpan ke dalam wadah elegan & bersih.
Daun pisang yg telah dipotong-potong dulu satu persatu dibakar-sambil-lewat, sebentar saja di atas api. seterusnya di-lap dgn kain bersih.
Satu persatu ujung daun pisang dibentuk corong berbentuk segitiga, diisi bersama ketan hitam yg telah dicuci tadi. Sebanyak ketan hitam tiap daun pisang yaitu 1 sendok makan saja. Dulu dilipat, rapat, janganlah ada celah sedikit juga & terakhir dipatenkan bersama tusuk gigi atau lidi yg bersih.
Rebus air di dandang dgn daun pandan, sesudah mendidih baru masukkan lupis ketan hitam yg telah dibungkus daun pisang tadi.
Masak sampai lupis matang kira-kira tatkala 1 jam. Tiriskan & sisihkan.

Kiat PENYAJIAN LUPIS KETAN HITAM :

Kelapa yg telah diparut kasar tadi dikukus apalagi dulu. Simpan di dalam mangkuk bersih.
Buka lupis dari bungkusnya, dulu gulingkan diatas kelapa parut tadi sampai terbalur rata.
Sajikan Lupis Ketan Hitam di atas piring jelita, ditata rapi & hidangkan dgn gula merah disaat bakal dihidangkan. Hap...hap...hap

No comments:

Post a Comment